Sabtu, 02 Maret 2013

Profil Negara Kamboja

Profil Negara Kamboja
Nama Resmi
Kingdom of Cambodia
Bentuk Negara
Kerajaan Konstitusional
Ibu kota
Phnom Penh
Tahun Merdeka
1953
Kepala Negara
Raja Norodom Sihamoni
Kepala Pemerintahan
PM Hun Sen
Luas Wilayah
181.035 sq km
Iklim
Tropis
Agama
Budha
Bahasa Nasional
Khmer
Lagu Nasional
Nokor Reakh
Hari Nasional
9 November
Pembagian Wilayah
Kamboja dibagi menjadi 20 Provinsi & 4 Kota praja. Daerah Kamboja kemudian dibagi menjadi Distrik, komunion . distrik besar,dan kepulauan.
Letak Astronomis
Negara Kamboja terletak antara 10o LU-14o LU dan 102,5o BT-107,5o BT
Letak Geografis
Kamboja berbatasan dengan Thailand di sebelah Barat, Laos di Utara, Vietnam di Timur, dan Teluk Thailand di Selatan. Sungai Mekong dan Danau Tonle Sap melintasi negara ini.
Kondisi Iklim
Wilayah Kamboja berikilim tropis, bulan November-Mei merupakan musim kemarau. Musim hujan berlangsung dari bulan Mei-Oktober. Suhu udara berkisar antara 20- 36. Musim hujan sangat diperlukan untuk budidaya tanaman padi. Pada saat musim hujan, Danau Tonle Sap yang merupakan danau terbesar di Kamboja meluas hingga sekitar 8 kali ukuran saat musim kemarau.
Mata Uang
Riel
Keadaan Ekonomi
Perekonomian Kamboja sempat turun pada masa Republik Demokratik berkuasa. Tapi, pada tahun 1990-an, Kamboja menunjukkan kemajuan ekonomi yang membanggakan. Pendapatan per kapita Kamboja meningkat drastis, namun peningkatan ini tergolong rendah bila dibandingkan dengan negara - negara lain di kawasan ASEAN. PDB bertumbuh 5.0% pada tahun 2000 dan 6.3 % pada tahun 2001.Agrikultur masih menjadi andalan utama kehidupan ekonomi masyarakat terutama bagi masyarakat desa, selain itu bidang pariwisata dan tekstil juga menjadi bidang andalan dalam perekonomian di Kamboja.
Perlambatan ekonomi pernah terjadi pada masa Krisis Finansial Asia 1997. Investasi asing dan turisme turun dengan sangat drastis, kekacauan ekonomi mendorong terjadinya kekerasan dan kerusuhan di Kamboja.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar