Minggu, 11 Mei 2014

Makalah Prakarya : Budidaya Tanaman Hias

KATA PENGANTAR


Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan Makalah ini yang alhamdulillah tepat pada waktunya yang berjudul “Budidaya Tanaman Hias"

Makalah ini berisikan informasi
 tentang Cara membudidayakan Tanaman Hias (Bunga Naga).  Harapan kami semoga makalah ini membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, sehingga kami dapat memperbaiki bentuk maupun isi makalah ini sehingga kedepannya dapat lebih baik.

Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kata sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini.

Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita. Amin.




Watampone, 23 April 2014


Penulis
Kelompok 3



DAFTAR ISI
SAMPUL .................................................................................................................................. 1
KATA PENGANTAR ............................................................................................................ 2
DAFTAR ISI.......................................................................................................................... 3
BAB I    PENDAHULUAN ........................................................................................... .... 4
                   A. Latar Belakang........................................................................................... .... 4
                   B. Rumusan Masalah........................................................................................ .... 4
BAB II   PEMBAHASAN .................................................................................................. 5   
A. Cara Membudidayakan Tanaman Hias ....................................................... 5
B.  Alat dan Bahan .......................................................................................... .... 6
C.  Cara Kerja .................................................................................................. .... 6
D. Perkembangan Tanaman Hias ................................................................. .... 6
BAB III PENUTUP ............................................................................................................ 7   
A.   Kesimpulan ................................................................................................ .... 7
B.    Saran .......................................................................................................... .... 7
DAFTAR PUSTAKA









BAB I
PENDAHULUAN

A.   LATAR BELAKANG
Kedaulatan adalah di tangan rakyat. Kedaulatan rakyat bermakna bahwa segala penyelenggaraan negara untuk kesejahteraan rakyat harus dipertanggungjawabkan kembali kepada rakyat. Menurut UUD 1945 sebelum Amandemen, kedaulatan berada di tangan rakyat dan dipegang sepenuhnya oleh MPR sebagai penjelmaan seluruh rakyat Indonesia. Namun kini, masih ada lembaga negara lain yang merupakan lembaga pemegang kedaulatan rakyat.
Apakah kalian pernah ditanya oleh orang tuamu akan suatu keinginan tertentu? Siapa yang paling menentukan keinginanmu itu? Kalian pasti akan menyatakan, bahwa kalianlah yang mestinya paling menentukan akan apa yang kalian inginkan. Pemahaman semacam itu disebut dengan kekuasaan tertinggi atau dinamakan kedaulatan.
Kehidupan negara pada prinsipnya sama dengan kehidupan keluarga. Kedaulatan rakyat memberi gambaran, bahwa rakyatlah pemegang kekuasaan tertinggi dalam setiap kehidupannya dalam bermasyarakat dan bernegara. Penyelenggaraan pemerintahan negara berdasarkan kedaulatan rakyat tersebut akan terlihat dalam sistem pemerintahan Indonesia. Dalam sistem pemerintahan Indonesia akan tergambarkan peran lembaga negara sebagai pelaksana kedaulatan rakyat.
Dengan demikian setelah membaca dan mengerjakan tugas, latihan, dan evaluasi yang terdapat dalam bab ini kalian diharapkan memiliki pengetahuan, sikap, dan perilaku kewarganegaraan untuk menjelaskan pengertian kedaulatan rakyat.
B.   RUMUSAN MASALAH
Dari latar belakang di atas, muncul beberapa rumusan masalah, yaitu :
1.     Bagaimana cara membudidayakan tanaman hias?
2.    Apa sajakah alat dan bahan yang digunakan dalam menanam tanaman?
3.    Bagaimana cara kerja menanam tanaman hias?
4.    Bagaimana perkembangan tanaman hias selama 1 bulan?



BAB II  PEMBAHASAN
A.   CARA MEMBUDIDAYAKAN TANAMAN HIAS
Budidaya tanaman adalah usaha pengembangan tanaman dengan memanfaatkan media tumbuhan. Budidaya tanaman saat ini banyak macamnya, salah satunya adalah budidaya tanaman hias. Tanaman hias mencakup semua tanaman yang memiliki bentuk dan kesan indah yang sengaja di tanam dengan maksud dan tujuan tertentu. Pemanfaatan tanaman hias tidak hanya terpaku pada bunga saja, tapi juga mencakup buah, daun dan tangkai/ranting dapat menjadi faktor keindahan tanaman hias.
Budi daya tanaman hias tidak hanya menjadi hobi semata, tapi juga dapat menjadi peluang usaha. Bagi yang memiliki hobi bercocok tanaman mungkin akan tertarik dengan usaha ini. Tidak sulit untuk memulai usaha ini, dengan keuletan dan ketekunan bisa menghasilkan penghasilan yang cukup lumayan. Tentu saja tidak dalam waktu yang singkat, diperlukan proses yang cukup lama. Tapi jika hasil budi daya tanaman hias yang anda tanam bagus maka cukuplah untuk anda merasa puas. Yang perlu anda lakukan adalah mempelajari cara budidaya tanaman hiasagar tidak salah dalam penerapannya.
Hal-hal yang harus di perhatikan dalam budidaya tanaman hias adalah:
1.     Media Tanam: yang terdiri dari wadah atau pot tanaman dan juga tanah yang merupakan unsur pokok dalam penanaman. Jenis tanah sangat berpengaruh terhadap tanaman, jadi sebaiknya perhatikan kesesuaian antara media tanam dengan jenis tanaman yang yang akan di tanam.
2.    Pemilihan tanaman: Pilihlah tanaman yang cukup mudah dalam perawatannya agar memudahkan pekerjaan anda. Setiap tanaman memiliki karakterisik yang berbeda dalam perawatan dan juga bisa sangat sensitife.
3.    Perawatan: perawatan tanaman hias terdiri dari penyiraman dan pemupukan tanaman. Siram tanaman secukupnya untuk menhindari pembusukan pada akar tanaman. Gunakan pupuk kompos untuk pemupukan, bila sulit anda juga bisa menggunakan pupuk buatan pabrik.
4.    Tempat: Usahakan tanaman tidak terlalu seing terkena sinar matahari, buatlah semacam peneduh dari jaring -jaring untuk atap tanaman anda.
Air sangat berperan penting terhadap tanaman, karena air berguna untuk mengontrol suhu saat udara panas. Oleh karena itu penyiraman sangat berpengaruh terhadap kehidupan tanaman, kekurangan dan bahkan terlambat menyiram tanaman berdampak layu pada daun. Layu pada daun disebabkan oleh penguapan dalam sel tanaman akibat kekurangan kadar air dan juga suhu udara di sekitar yang panas. Penyiraman terlalu banyak juga berdampak buruk terhadap tanaman, apalagi tanaman dala pot. Ini akan membuat media tanam menjadi lumpur lebih lama sehingga membuat akar tanaman membusuk.
Hal lain yang perlu di perhatikan dalam budi daya tanaman hias adalah:
1.     Hama tanaman, seperti ulat, serangga, lalat dan juga jamur. Lakukan penyemprotan anti hama terhadap jenis tanaman hias yang mudah terkena hama bila diperlukan.
2.    Penataan dan pemangkasan, agar tanaman tumbuh rapi  dan teratur lakukan penataan terhadap ranting dan tangkai tanaman agar hasilnya bagus seperti pada tanaman bonsai. Pemangkasan tanaman juga penting agar memicu tunas dan daun baru sehingga tumbuh bersamaan.
3.    Penggantian media tanam, hal ini dilakukan terhadap tanaman dalam pot yang disebabkan oleh penuhnya akar sehingga dapat menghambat pertumbuhan. Penggantian media tanam tergantung pada jenis tanaman.
Memang tidak mudah melakukannya, tapi jika ditekuni dan terus menambah wawasan tentang cara budidaya tanaman maka tidak ada yang tidak mungkin untuk anda dapat berhasil.
B.   ALAT DAN BAHAN
1.     Pot
2.    Tanah
3.    Pupuk Organik
4.    Sendok
5.    Bunga
6.    Air
C.  CARA KERJA
1.     Pertama, Sebelum memasukkan tanah ke dalam pot sebaiknya dicampur terlebih dahulu dengan pupuk secukupnya
2.    Setelah itu,  masukkan campuran tersebut kedalam pot sebanyak 1/3 dari tanah tersebut
3.    Kemudian, masukkan bunga kedalam pot. Lalu masukkan 2/3 dari tanah kedalam pot . Sebaiknya jangan terlalu penuh
4.    Bunga pun sudah siap. Amati perkembangan bunga tersebut setiap 2 minggu. Agar tidak layu, siramlah bunga tersebut 3 kali dalam seminggu.
D.  PERKEMBANGAN TANAMAN HIAS
Minggu
Jumlah Daun
Tinggi Batang
Minggu 1
4
32 cm
Minggu 2
4
34 cm
Minggu 3
5
36 cm
Minggu 4
5
37 cm


BAB III
PENUTUP

A.   KESIMPULAN
·         Hal-hal yang harus di perhatikan dalam budidaya tanaman hias adalah:
1.     Media Tanam: yang terdiri dari wadah atau pot tanaman dan juga tanah yang merupakan unsur pokok dalam penanaman. Jenis tanah sangat berpengaruh terhadap tanaman, jadi sebaiknya perhatikan kesesuaian antara media tanam dengan jenis tanaman yang yang akan di tanam.
2.    Pemilihan tanaman: Pilihlah tanaman yang cukup mudah dalam perawatannya agar memudahkan pekerjaan anda. Setiap tanaman memiliki karakterisik yang berbeda dalam perawatan dan juga bisa sangat sensitife.
3.    Perawatan: perawatan tanaman hias terdiri dari penyiraman dan pemupukan tanaman. Siram tanaman secukupnya untuk menhindari pembusukan pada akar tanaman. Gunakan pupuk kompos untuk pemupukan, bila sulit anda juga bisa menggunakan pupuk buatan pabrik.
4.    Tempat: Usahakan tanaman tidak terlalu seing terkena sinar matahari, buatlah semacam peneduh dari jaring -jaring untuk atap tanaman anda.
·         Air juga sangat berperan penting terhadap tanaman, karena air berguna untuk mengontrol suhu saat udara panas. Oleh karena itu penyiraman sangat berpengaruh terhadap kehidupan tanaman, kekurangan dan bahkan terlambat menyiram tanaman berdampak layu pada daun
B.  SARAN















DAFTAR PUSTAKA
http://hengkikristiantoateng.blogspot.com/2014/02/cara-membuat-makalah-yang-baik-dan-benar.html




24 komentar:

  1. Terima kasih atas pujiannya :)

    BalasHapus
  2. nice info..
    kami menerima pemasaran bunga hias anda..
    silahkan kunjungi toko online payakumbuh
    terima kasih
    http://tokoonlinepayakumbuh.com/category/tanaman-hias/

    BalasHapus
  3. Kereeen!! Nice! makasih buat Makalahnya! Blog ny keren! walau nggak ad hiasanny sih :v yg penting ilmuny (y) he he he

    BalasHapus
  4. Thanks gan, makalahnya kunjungi juga http://makalah15.blogspot.com

    BalasHapus
  5. LATAR BELAKANG AMA RUMUSAN MASALAHNYA KAGA NYAMBUNG. OTAK MANA OTAK? MAEN COPAS AJA LU

    BalasHapus
  6. Guys.. kunjungi forumnya para pencinta tanaman di www.tanaman.id . bisa shaaring , tanya jwab , dan banyak info bermanfaat juga.. mampir yuk gaess :D

    BalasHapus
  7. Guys.. kunjungi forumnya para pencinta tanaman di www.tanaman.id . bisa shaaring , tanya jwab , dan banyak info bermanfaat juga.. mampir yuk gaess :D

    BalasHapus
  8. Nice Artikel. Salam Kenal Gan. Silahkan mampir juga di web kami www.menjualobatasamurat.blogspot.com solusi jitu untuk menyembuhkan asm urat, kolesterol, rematik dan 5L.

    BalasHapus
  9. Yang ingin membeli tas wanita branded secara online. Silahkan mampir di www.nindishop.com "GROSIR TAS WANITA BRANDED IMPORT DENGAN HARGA MURAH". Salam kenal gan. Ijin numpang buka lapak. Terimakasih gan.

    BalasHapus
  10. PUSAT SARANA BIOTEKNOLOGI AGRO

    menyediakan BIOTAN 28 untuk keperluan penelitian, laboratorium, mandiri, perusahaan .. hub 081805185805 / 0341-343111 atau kunjungi kami di https://www TOKOPEDIA.com/indobiotech temukan juga berbagai kebutuhan anda lainnya seputar bioteknologi agro

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. panjang juga ya mas... izin jadiin referensi boleh nih mas...
    makasih bnyak infonya...

    BalasHapus
  13. Izinkan sya untuk memahami materi andah makasih

    BalasHapus
  14. nice info nya bos.... thanks yah bosku......;)

    BalasHapus
  15. thanks mba atas infonya,sukses trus

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. ketauan copas... isinya tentang tanaman hias, tapi kok latar belakangnya tentang kedaulatan?????????????????

    BalasHapus
    Balasan
    1. hadiddd jugaaa ketauan pengen copas

      Hapus


  18. Kami menyediakan jasa SEWA DAN JUAL Tenda seperti:



    *Tenda Roder / Tenda Hanggar / Tenda Dome dengan bahan Tiang alumunium, Dinding dan Atap PVC (PVC atap 850gr Blackout, Pvc dinding 550gr Blackout).


    Tenda Roder senidiri biasa di gunakan sebagai:
    -Tenda vaksinasi
    -Tenda darurat Rumah sakit
    -Posko Pengungsian
    -Tenda Peresmian
    -Tenda Pameran
    -Tenda Gudang, dan masihbanyak fungsi lainnya


    Tenda Roder sendiri memiliki beberapa bentangan yaitu bentangan 10, 15, dan 20. untuk panjangnya sendiri terhitung dari kelipatan 5 (cth: 5, 10, 15, 20 dst)


    *Tenda Transparan
    Tenda transparan itu memiliki kesan yang elegant karna bisa menampilkan suasana luar tenda dan sinar matahari ataupun binar binar luar tenda di malam hari, Tenda Transparan biasanya digunakan untuk:
    -Acara Wedding
    -Acara pesta
    -Acara pesta malam
    -Acara Event dan masih banyak lagi kegunaannya.


    *Tenda Kerucut / Tenda Sarnavil
    biasanya memiliki kegunaan untuk:
    -Bilik desinfektan
    -Event outdor
    -Posko pengamanan covid
    -Posko Polisi sementara
    -POsko darurat Rumah Sakit
    -Ruangan darurat rumah Sakit dan masih banyak kegunaan lainnya.
    Tenda kerucut dapat meutup sempurna untuk menghindari panas matahari langsung ataupun air hujan, untuk ukuran tenda yang biasa di gunakan beberapa macam yaitu 3x3m, 5x5m, dan 10x10m.



    untuk Jasa penyewaan sendiri kami dapat melayani untuk daerah JABODETABEK dan sekitarnya


    untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi kami di:

    No.wa : 081112300319 / 081112520816

    Alamat: Taman Ubud Cendana 1 No.19 Lippo Village, Tangerang Banten


    #TENDARODER #TENDATRANSPARAN #TENDAKERUCUT #TENDASARNAVIL #TENDAVAKSINASI #TENDADARURATRUMAHSAKIT #POSKOPENGUNGSIAN #BILIKDESINFEKTAN #POSKOPENGANAMANANCOVID #RUANGANDARURATRUMAHSAKIT
    #TENDAVAKSINASI #POSKOPENGAMANAN #TENDADRIVETHRU #DRIVETHRUSWAB #DRIVETHRUVAKSIN


    https://www.tendaroderindonesia.com/

    https://www.facebook.com/profile.php?id=100055894358161

    https://www.instagram.com/juragantendaofficial/

    https://wordpress.com/home/juragantendaofficial.wordpress.com

    https://twitter.com/IndonesiaRoder

    https://sites.google.com/d/1pcx7KorOqbjx0NiYnGFSUG5kOkWyCwi
    C/p/1yhTPQJp9thkWKmmxVcD-0m71khRu4_K9/edit

    BalasHapus
  19. Raih Kemenangan Besar Anda Disitus MARIO QQ, Hanya Dengan Modal Rp.10.000 Anda Bisa Menangkan Jackpot Jutaan Rupiah Setiap Harinya !!!

    ✅ BONUS TURN OVER 0.3%
    ✅ BONUS REFFERAL 15%
    ✅ WIN RATE GAME 96,9%
    ✅ 100% PLAYER Vs PLAYER ( NO ROBOT & ADMIN )
    ✅ Minimal Deposit Bank : Rp.10.000 (BCA MANDIRI BNI BRI DANAMON)
    ✅ Minimal Deposit Pulsa : Rp.10.000
    ✅ Support E-Cash : GOPAY , DANA , OVO , LINK

    Berapapun Kemenangan Bosku Pasti Akan Kami Bayar dan Kita Proses Dengan Cepat !!!
    Hanya Disitus MARIO QQ Yang Memberikan JACKPOT dan BONUS TURN OVER Yang FANTASTIS Loh !!! Ayo Tunggu Apalagi Buruan Daftarkan dan Mainkan
    Langsung Disitus Resmi MARIO QQ Dibawah Ini melalui :
    WHATSAPP +62 821-4331-1663

    Link Alternatif :
    - www.marioqq88. club
    - www.marioqq88. org

    BalasHapus