Selasa, 05 Maret 2013

Penyakit Jantung



Penyakit Jantung
Jantung merupakan organ yang sangat vital pada tubuh manusia. Jantung selalu berdetak selama manusia masih hidup dan akan berhenti setelah manusia meninggal dunia. Ketika jantung tidak bisa lagi berfungsi secara normal akan mengakibatkan penyakit yang sangat parah dan aktivitas tidak bisa berjalan seperti biasanya. Berikut ini artikel kesehatan jantung dan mudah-mudahan bermanfaat bagi para pembaca.

Artikel Kesehatan Jantung : Apakah Jantung Itu?
Jantung adalah sebuah otot yang memompa darah ke seluruh tubuh. Dalam suatu serangan jantung (myocardial infarction), bagian dari otot jantung mati sewaktu tidak mendapatkan darah. Untuk tetap sehat, jantung membutuhkan oksigen dan zat-zat gizi lain yang dibawa oleh darah. Ini didapatkan melalui arteria (pembuluh darah) koroner, yang membungkus bagian luar jantung. Sumber : http://www.artikelbagus.com/2012/04/artikel-kesehatan-jantung.html
Jenis Penyakit Jantung
Pada arikel kesehatan jantung di bagian ini, akan dibahas jenis penyakit atau gangguan apa saja yang dapat menyerang jantung? Bagaimana cara mengatasinya? Pada dasarnya, penyakit atau gangguan pada jantung terdiri dari beberapa jenis, di antaranya adalah sebagai berikut.
1.      Jantung Koroner
Penyakit jantung pertama yang dibahas dalam artikel kesehatan jantung ini adalah jantung koroner. Jantung koroner merupakan penyakit jantung paling umum diderita orang di berbagai negara. Penyakit ini dianggap sebagai pembunuh “kelas kakap”. Apa yang menyebabkan penyakit jantung koroner? Berdasarkan penelitian para ahli dalam bidang kedokteran, jantung koroner disebabkan oleh atherosclerosis, yaitu penumpukan zat lemak yang membentuk plaque di dalam arteri koroner (pembuluh yang bertugas menyuplai darah ke otot-otot jantung). Jika penumpukan zat lemak ini dibiarkan terus-menerus, lama-kelamaan hal ini akan memicu penyempitan arteri koroner dan akan mengakibatkan kurangnya pasokan darah yang membawa oksigen ke otot-otot jantung.
2. Cacat Congenital
Penyakit jantung kedua yang dibahas dalam artikel kesehatan jantung ini adalah cacat congential. Cacat congenital adalah gangguan pada jantung yang dialami oleh bayi yang baru dilahirkan. Salah satu kasus cacat congenital yang banyak ditemukan adalah adanya lubang kecil (kebocoran) di antara ruang atrium kiri dan kanan atau di antara ruang ventricle kiri dan kanan. Keadaan ini akan menyebabkan gangguan secara menyeluruh terhadap mekanisme pertukaran oksigen dan karbon dioksida di dalam paru-paru.
3. Kesalahan Fungsi Katup Jantung
Penyakit ketiga yang dibahas dalam artikel kesehatan jantung ini adalah kesalahan fungsi katup jantung. Kesalahan katup jantung merupakan gangguan pada jantung yang ditandai dengan tidak berfungsinya katup-katup jantung dengan baik. Ketika katup-katup tidak berfungsi dengan baik, maka mekanisme pemompaan darah keluar jantung dan kembalinya darah ke jantung akan terganggu, sehingga hal ini akan menyebabkan pasokan oksigen ke bagian-bagian tubuh tertentu tidak terjadi secara proporsional. Kesalahan katup jantung dapat disebabkan atau dipicu oleh beberapa hal di antaranya infeksi jaringan penghubung, hipertensi, rematik, dan proses penuaan.
4. Arrhythmia
Penyakit jantung yang dibahas dalam artikel kesehatan jantung ini adalahArrhytmia. Arrhythmia merupakan gangguan pada jantung yang ditandai dengan tidak normalnya irama detaknya. Gangguan ini disebabkan karena tidak normalnya kontraksi otot-otot jantung, baik yang terjadi pada atrium maupunventricleArrhythmia pada ventricle dapat menimbulkan dampak yang lebih berbahaya daripada yang terjadi pada atrium. Hal ini karena arrhythmia padaventricle dapat mempengaruhi kemampuan jantung dalam memompa darah.
5.  Gagal Jantung
Penyakit terakhir yang dibahas dalam artikel kesehatan jantung ini adalah gagal jantung. Gagal jantung merupakan kondisi tidak berfungsinya jantung, yaitu ketidakmampuan jantung untuk memompa darah dengan volume yang sesuai seperti yang diperlukan tubuh. Kegagalan jantung ini dapat menyebabkan kesulitan bernapas, pembengkakan hati dan sendi. Sumber : http://www.anneahira.com/artikel-kesehatan-jantung.htm
6 Minuman Untuk Kesehatan Jantung
Faktor genetik dapat mempengaruhi risiko seseorang untuk mengidap penyakit jantung. Tetapi kabar baiknya, penyakit ini sebagian besar dapat dicegah. Kita mungkin pernah mendengar nasihat bijak yang mengatakan, untuk menjaga jantung tetap sehat, maka harus mengonsumsi makanan begizi dan teratur berolahraga.
Namun bukan cuma perubahan gaya hidup yang dapat lakukan untuk menekan risiko sakit jantung. Apa yang Anda minum juga bisa membuat perbedaan. Berikut ini adalah beberapa jenis minuman yang disarankan yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung :
1. Kopi                                                                        4. Teh hitam
2. Jus delima                                                               5. Teh hijau
3. Anggur merah (red wine)                                        6. Air

Menjaga Jantung Tetap Sehat Saat Memasuki Usia 30 Tahun
Ketika usia sudah lebih dari 30 tahun, tubuh memang masih aktif dan produktif. Namun bila pola hidup yang dijalankan tidak baik, maka bukan hal yang mustahil jika hal tersebut akan mempengaruhi kesehatan, terutama kesehatan jantung.
Bagi anda yang berusia lebih dari 30 tahun, anda dituntut untuk bergaya hidup sehat demi menjaga kesehatan dari serangan penyakit jantung yang setiap saat bisa menyerang. Adapun tips-tips yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan jantung adalah :
1. Rileks                      3. Hindari makanan tidak sehat     
2. Olahraga                4. Tidur Cukup
5. Sarapan                  6. Hindari konsumsi garam & gula berlebih



Manfaat Tidur Siang Baik Untuk Kesehatan Jantung
Hal penting yang perlu dipersiapkan dari manfaat tidur siang baik untuk kesehatan ini dimana apabila kita selepas tidur siang, terlebih bila dikerjakan disela-sela pekerjaan teratur adalah apa yang dinamakan sleep anertia, yaitu rasa grogi dan disorientasi. Cara mengatasinya dianjurkan untuk berdiam lebih dari satu menit, membersihkan muka, minum air putih atau berjalan kaki. Selanjutnya Anda dapat kembali bekerja dan merasakan khasiat dari terlelap 10-20 menit itu.
Upayakan supaya tidur siang tidak terganggu, karena bila terpotong tiba-tiba, kita tidak akanmendapatkan manfaat tidur siang baik untuk kesehatan ini, pada sebagian orang justru menyebabkan rasa pening. Perlu diingat pula bahwa tidur siang tidak disarankan melebihi 30 menit sebab akan mengarah ke fase yang amat lelap yang mengakibatkan akan mempersulit tidur malam. Sumber : http://penyakitjantung.web.id/manfaat-tidur-siang-baik-untuk-kesehatan-jantung/
Hubungan Hiperhidrosis atau Keringat Berlebih Dengan Jantung
Hiperhidrosis biasanya tidak berkaitan dengan penyakit jantung seperti yang sering dipikirkan banyak orang. Telapak tangan atau kaki yang sering berkeringat belum tentu merupakan tanda gangguan jantung.
Hiperhidrosis biasanya disebabkan stimulasi emosi dan suhu. Jadi, keringat yang berlebihan hanya di kedua telapak tangan dan di kedua telapak kaki, tanpa disertai keluhan gejala-gejala gangguan jantung atau gejala sistematik jantung lainnya, kemungkinan besar hiperhidrosis tersebut hanya disebabkan oleh rasa cemas saja.Maka sebelum menyimpulkan, kita dapat mencari informasi atau konsultasikan ke dokter terlebih dahulu apakah gejala keringat berlebih ini pertanda terkena penyakit jantung atau tidak. Sumber : http://www.deherba.com/keringat-berlebih-tanda-penyakit-jantung.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar